Tentang Negara Laos


NEGARA LAOS
·         Ibu kota laos Vientiane
·         Bentuk Pemerintahan Republik
·         Bahasa nasional Laos (bahasa resmi),palaungwa,Tai
·         Agama mayoritas laos Budha 50%,dan tribal
·         lagu kebangsaan Sad lao tang te deum ma͛hun sulu sa you nei asie
·         Mata uang Kip
·         Letak astronomis 14 LU- 22 LU DAN 100 bt -107 bt
·         luas negara 236.804 km
·         Jumlah penduduk 5.787.000 juta jiwa di tahun 2010
·         Keadaan alam
Iklim =monsoon =mei-oktober (kemarau) ,november ʹfebruari (penghujan)
·         Bentang alam Bentang alam laos memiliki luas 236.804 km atau 2/3 nya pulau sumatra
·         Keadaan penduduk : Penduduk di laos terdri atas beberapa suku yaitu suku lao,suku pegunungan(meo dan yoo),suku kha,suku perbukitan (Montag nard)
·         Pemerintahan Pemerintahan adalah salah satu dari sekian negara komunis yang tersisa ,mulai melepas kontrol ekonoomi dan mengizinkan berdiri nya perussahaan
·         kegiatan ekonomi dan mata pencaharian Mata pencaharian laos di bidang pertanian ,industri ,pertambangan,kehutanan ,dan perikanan.
·         kerja sama dengan indonesia Nusa dua (antara ) negara inddonesia dengan laos menyepakati kerja sama di bidang keamanan/militer pada pertemuan asean ministerial meting transnational crime(AMMTC)di nusa dua bali.
·         Laos adalah negara yang terhimpit oleh daratan di Asia Tenggara dan diselimuti hutan lebat yang kebanyakan bergunung-gunung, di mana salah satunya yang tertinggi adalah Phou Bia dengan ketinggian 2.817 m dari permukaan laut. Laos juga memiliki beberapa dataran rendah dan dataran tinggi. Sungai Mekong membentuk sebagian besar dari perbatasannya dengan Thailand, sementara rangkaian pegunungan dari Rantai Annam membentuk sebagian besar perbatasan timurnya dengan Vietnam.
·         Iklim Laos adalah tropis dan dipengaruhi oleh angin musim. Musim penghujan berlangsung dari Mei hingga November, diikuti oleh musim kemarau sejak December sampai April. Ibukota dan kota terbesar di Laos adalah Vientiane, kota-kota besar lain meliputi Luang Prabang, Savannakhet, dan Pakse.
·         Pada 1993, pemerintah mencanangkan 21% dari wilayah negara sebagai Area Konservasi Keanekaragaman Hayati Nasional (National Biodiversity Conservation Area/NBCA), yang mungkin akan dikembangkan menjadi sebuah taman nasional. Bila telah selesai, maka ia diperkirakan akan menjadi taman nasional terbaik dan terluas di Asia Tenggara.
·         Sejumlah spesies binatang baru telah ditemukan atau ditemukan kembali di Laos beberapa tahun terakhir. Termasuk di dalamnyakelinci Annam, saola, dan yang terbaru adalah tikus batu Laos atau kha-nyou.
·         Pemerintah Laos - salah satu dari sekian negara komunis yang tersisa - memulai melepas kontrol ekonomi dan mengizinkan berdirinya perusahaan swasta pada tahun 1986. Hasilnya, pertumbuhan ekonomi melesat dari sangat rendah menjadi rata-rata 6% per tahun periode 1988-2004 kecuali pada saat krisis finansial Asia yang dimulai pada 1997. Seperti negara berkembang umumnya, kota-kota besarlah yang paling banyak menikmati pertumbuhan ekonomi. Ekonomi di Vientiane, Luang Prabang, Pakxe, dan Savannakhet, mengalami pertumbuhan signifikan beberapa tahun terakhir.
·         Sebagian besar dari wilayahnya kekurangan infrastruktur memadai. Laos masih belum memiliki jaringan rel kereta api, meskipun adanya rencana membangun rel yang menghubungkan Vientiane dengan Thailand yang dikenal dengan Jembatan Persahabatan Thailand-Laos. Jalan-jalan besar yang meghubungkan pusat-pusat perkotaan, disebut Rute 13, telah diperbaiki secara besar-besaran beberapa tahun terakhir, namun desa-desa yang jauh dari jalan-jalan besar hanya dapat diakses melalui jalan tanah yang mungkin tidak dapat dilalui sepanjang tahun. Ada telekomunikasi internal dan eksternal yang terbatas, terutama lewat jalur kabel, namun penggunaan telepon genggam/handphone telah menyebar luas di pusat perkotaan. Listrik tidak tersedia di banyak daerah pedesaab atau hanya selama kurun waktu tertentu. Pertanian masih memengaruhi setengah dari PDB dan menyerap 80% dari tenaga kerja yang ada. Ekonomi Laos menerima bantuan dari IMF dan sumber internasional lain serta dari investasi asing baru dalam bidang pemrosesan makanan dan pertambangan, khususnya tembaga dan emas. Pariwisata adalah industri dengan pertumbuhan tercepat di Laos. Pertumbuhan ekonomi umumnya terhambat oleh banyaknya penduduk berpendidikan yang pindah ke luar negeri akibat tidak tersedianya lapangan pekerjaan yang memadai. Pada 2005 penelitian oleh Bank Dunia melaporkan bahwa 37% dari penduduk Laos yang berpendidikan tinggal di luar negeri, menempatkan Laos pada tempat ke-5 di dunia untuk kasus ini.
·         Akhir 2004 Laos menormalisasi hubungan dagangnya dengan Amerika Serikat, yang membuat produsen Laos mendapatkan tarif ekspor yang lebih rendah sehingga merangsang pertumbuhan ekonomi mereka dari sektor ekspor.
·         Dalam sudut pandang Geografi Politik, letak wilayah negara Laos yang tidak memiliki wilayah laut atau pantai dikenal dengan sebutan kawasan land-lock. Kondisi ini dianggap kurang menguntungkan dari segi pertahanan dan keamanan, khususnya dari serangan atau invasi bangsa lain.
·         Nama resmi : Rep. Demokratik Rakyat Laos
·         Ibukota : Vientiane
·         Luas wilayah : ± 236.800 km²
·         Jumlah penduduk : 5.635.967 (2002)
·         Kepadatan : ± 24 jiwa/km²
·         Agama : Mayoritas Buddha (50%) dan Tribal, agama-agama lain adalah Islam dan Kristen
·         Suku bangsa : Lao (48%), Mon Khmer (25%), Thai (14%), Meo dan Yao (13%).
·         Mata uang : Kip
·         Bahasa : Laos (bahasa resmi), Palaungwa, dan Tai
·         Lagu kebangsaan : Sad Lao Tang Te Deum Ma’khun Sulu Sa You Nei Asie
·         Kemerdekaan : 19 Juli 1949 (dari penjajah Prancis)
·         Secara astronomis, wilayah Laos terletak antara 14°LU - 22°LU dan 100°BT - 107°BT. Laos adalah negara yang terhimpit oleh daratan di Tengah kawasan Asia Tenggara, berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di sebelah Utara, Vietnam di Timur, Kampuchea di Selatan, dan Thailand di sebelah Barat. Dari abad ke-14 hingga abad ke-18, negara ini disebut Lan Xang atau “Negeri Seribu Gajah”. Pemerintah Laos adalah salah satu dari sekian negara komunis yang tersisa, memulai melepas kontrol ekonomi dan mengizinkan berdirinya perusahaanswasta pada tahun 1986. Hasilnya, pertumbuhan ekonomi melesat dari sangat rendah menjadi rata-rata 6% per tahun periode kecuali pada saat krisis finansial Asia yang dimulai pada 1997.
·         Seperti negara berkembang umumnya, kota-kota besarlah yang paling banyak menikmati pertumbuhan ekonomi, misalnya di Vientiane, Luang Prabang, Pakxe, dan Savannakhet yang mengalami pertumbuhan signifikan beberapa tahun terakhir.
·         Pertanian masih memengaruhi setengah dari pendapatan nasional dan menyerap 80% dari tenaga kerja yang ada. Ekonomi Laos menerima bantuan dari IMF dan sumber internasional lain serta dari investasi asing baru dalam bidang pemrosesan makanan dan pertambangan, khususnya tembaga dan emas.
·         Pariwisata adalah industri dengan pertumbuhan tercepat di Laos.
·         Pertumbuhan ekonomi umumnya terhambat oleh banyaknya penduduk berpendidikan yang pindah ke luar negeri akibat tidak tersedianya lapangan pekerjaan yang memadai. Pada akhir tahun 2004, Laos menormalisasi hubungan dagangnya dengan Amerika Serikat, hal ini membuat produsen Laos mendapatkan tarif ekspor yang lebih rendah sehingga merangsang pertumbuhan ekonomi mereka dari sektor ekspor atau impor.
·         a. Potensi Alam
·         1) Satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah perairan laut.
·         2) Mempunyai lembah sungai yang subur sehingga banyak menghasilkan tanaman pertanian dan perkebunan, terutama padi, kopi, dan tembakau.
·         3) Memiliki sumber-sumber tambang mineral, seperti timah, tembaga, emas, dan perak.
·         4) Wilayahnya didominasi perbukitan dan pegunungan yang tertutup hutan lebat, sehingga menghasilkan kayu sebagai salah satu komoditasnya.
·         b . Potensi Sosial Budaya
·         1) Terdiri atas berbagai macam suku bangsa dengan berbagai macam budayanya.
·         2) Masyarakatnya sebagian besar masih patuh pada tradisi.
·         3) Memiliki bahasa nasional, yaitu bahasa Lao. Namun dalam
·         kehidupan sehari-hari, selain bahasa nasionalnya masyarakat juga menggunakan bahasa Thai, Inggris, dan Prancis.
·         4) Memiliki banyak bangunan bersejarah, terutama candi.
·         c . Potensi Industri
·         Kawasan hutan di Laos cukup luas dan lebat. Hal ini menjadikan hasil hutan sebagai salah satu bahan baku industri utama.
·         Berbagai bentuk kegiatan industri di Laos yang memanfaatkan sumber daya hutan diantaranya industri pemotongan kayu dan pengolahan kayu. Selain itu, terdapat juga industri pengolahan bahan tambang dan pengolahan makanan.
·         d . Potensi Perdagangan
·         Negara Laos mengembangkan sektor perdagangan dengan komoditas ekspor utama berupa hasil pertanian (beras, tembakau, kopi), hasil hutan (kayu mentah, kayu olahan, dan berbagai jenis kerajinan), dan hasil tambang berupa timah. Sementara itu impor utama berupa kendaraan bermotor, mesinmesin, dan besi baja.
·         e. Potensi Pariwisata
·         Potensi sumber daya alam yang ada di Laos belum dapat dimanfaatkan secara optimal untuk disajikan sebagai objek wisata. Oleh karena itu, pemerintah Laos cenderung mengembangkan wisata budayanya.
·         Pada perkembangannya, sejak tahun 1993, pemerintah Laos mencanangkan 21% dari wilayah negara sebagai Area Konservasi Keanekaragaman Hayati Nasional (National Biodiversity Conservation Area atau NBCA), yang mungkin akan dikembangkan menjadi sebuah taman nasional. Bila proyek ini berhasil, maka diperkirakan akan menjadi taman nasional terbaik dan terluas di Asia Tenggara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

21 komentar:

Unknown mengatakan...

woww

Anonim mengatakan...

jelek

Unknown mengatakan...

jangan menghina

Unknown mengatakan...

mata pencahariannya gak ada yah

Anonim mengatakan...

keren lengkap lagi

Anonim mengatakan...

OKE,.....
brkat ini tgas w slesai jg


Fikri Helmi Setiawan mengatakan...

Keren kok

Anonim mengatakan...

ngebantu hahah thanks

Anonim mengatakan...

makasih boss

Anonim mengatakan...

Ngentot lu min

Anonim mengatakan...

Lumayan memebantu tugas

Anonim mengatakan...

mana geografinya kaka -_-

Anonim mengatakan...

Negara yang sama sekali ga punya kekuatan khusus di Asia.. -_-

Coba kalau negara Asia Tenggara bener2 bersatu, bakal SUPER nih...

Moga kedepanya bisa lebih baik lagi. Thanks infonya..

Anonim mengatakan...

=====D please visit here http://www.anak-semarang-poenya.blogspot.com

Unknown mengatakan...

subaidee lao people is nice same like you in java

ardi kadir mengatakan...

Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak
pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya
adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan
pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan
suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun
yang bisa menembus semua nomor yg namanya MBAH JONGGOL dan saya
meminta nomor MBAH JONGGOL pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi
MBAH JONGGOL dan alhamdulillah dgn senang hati MBAH JONGGOL ingin membantu saya asalkan saya
bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 5x putaran dan alhamdulillah
itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH JONGGOL berkat bantuan beliau,
sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,
bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONGGOL di No 0852-1654-8879 Atau KLIK DISINI MBAH JONGGOL memang para normal yg paling
terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,
jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama MBAH JONGGOL dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,
ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya.

Unknown mengatakan...

ada tanggal kemerdekaan sama bekas jajahan negara mana ada nggak
kalau nggak ada ya nggak papa
bagus bisa membantu pr dari guru nih
makasih ya

Anonim mengatakan...

omg saya tidak faham apa apa kerana saya dari malaysia DONGGG

Unknown mengatakan...

Tidak adakah daerah penghasil sumber daya nya?

Unknown mengatakan...

Kalau kota penghasil industrinya?
Mohon bantuannya 😊

F1ZR mengatakan...

Situs Togel Resmi

Posting Komentar